3 Cara Mencari Ide Konten Kreatif untuk Instagram
Bagi kebanyakan pebisnis pemula, Instagram menjadi platform penjualan utama atau bahkan platform satu-satunya untuk meningkatkan awareness, menjangkau konsumen, dan melakukan penjualan. Namun apa yang harus dilakukan setelah kamu membuat akun untuk bisnismu? Sebagai pelaku usaha, mau tidak mau hal yang harus dilakukan yaitu memutar otak dalam memikirkan ide konten kreatif di Instagram untuk mempromosikan brand kepada para pelanggan.
Bahkan, engagement audiens di Instagram dengan brand 10 kali lebih tinggi dari Facebook, 54 kali lebih tinggi dari Pinterest, dan 84 kali lebih tinggi dari Twitter (Brandwatch). Oleh karena itu, kamu harus memikirkan konten kreatif di Instagram untuk menarik perhatian audience serta meningkatkan brand awareness.
Ketika kamu menggunakan media sosial untuk branding, tidak hanya terus-menerus promosi produk yang harus kamu lakukan. Namun, kamu juga dituntut untuk kreatif dan konsisten karena harus menyusun berbagai konten namun tidak membuat konsumen jenuh. Seberapa sering sih kamu merasa kesulitan untuk mencari inspirasi dalam menciptakan sebuah konten? Nah, kali ini kita akan bahas 3 cara dalam mencari ide konten kreatif untuk instagram yang dapat kamu manfaatkan untuk bisnismu.
1) Bertanya Pada Audiens
Hal pertama yang mungkin bisa kamu lakukan dan ide yang paling mudah dari sebuah akun Instagram, yaitu dengan memanfaatkan fitur Instastory questions maupun polling yang ada di Instagram. Fitur ini merupakan fitur yang paling mudah untuk kamu dapatkan sebagai inspirasi konten kreatif Instagram. Kamu bisa seolah-olah bertanya kepada audience mengenai, apa yang mereka harapkan dari akun Instagram bisnismu. Contohnya, kamu menjual alat olahraga di Instagram bisnismu. Dari situ, kamu bisa bertanya olahraga apa yang saat ini paling sering mereka lakukan dalam fitur questions tersebut. Nah, jawaban-jawaban tersebut dapat kamu gunakan untuk mengetahui apa yang menjadi harapan audience mengenai konten-konten yang ingin mereka dapatkan. Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah dalam menentukan tema konten yang akan dibuat selanjutnya.
2) Pinterest
Sumber ide konten Instagram memang sangat banyak, salah satunya kamu bisa mendapatkan melalui Pinterest. Apa itu Pinterest? Pinterest merupakan media sosial dengan fokus pada gambar dan foto. Pinterest menyediakan banyak gambar menarik yang bisa kamu cari berdasarkan kategori (seperti beauty, photography, sports, dan lainnya) ataupun kata kunci berdasarkan kebutuhan.
Konten di Pinterest ini umumnya berkaitan dengan infografis. Dari infografis yang ada, kamu bisa memecah menjadi beberapa ide konten yang bagus dan lengkap dengan mudah. Terutama buat kamu yang membutuhkan ide visual menarik, kamu bisa mendapatkannya dengan mudah dari Pinterest ini.
(Source: Pinterest Newsroom)
3) Canva
Pasti sudah banyak yang mengetahui tool yang satu ini dong? Ya, Canva sendiri merupakan salah satu tool desain yang berbasis web yang saat ini sedang populer. Karena berbeda dengan tool desain lainnya, Canva sangat mudah digunakan terutama bagi para pemula. Maka dari itu, Canva dapat mempermudah kamu dalam mengolah gambar yang akan disajikan di media sosial. Canva bahkan sudah menyediakan template ukuran yang cocok digunakan di media sosial seperti Instagram feed dan Instagram story. Beragam template tersebut bisa kalian gunakan sebagai sumber inspirasi dalam membuat konten yang menarik.
(Source: Canva.com)
(Baca juga: Manfaat Konten Kreatif di Instagram untuk Bisnis Kecil yang Wajib Kamu Tahu!)
Diluar ketiga cara diatas, ada banyak cara yang bisa kamu eksplorasi untuk membuat konten kreatif untuk Instagram bisnismu. Yang terpenting, kamu bisa menyesuaikannya dengan apa yang relevan dan menarik bagi target customer-mu. Karena, pada akhirnya konten tersebut merupakan salah satu faktor yang dapat mendorong tingkat penjualan pada bisnismu. Semoga apa yang disampaikan di artikel ini, bisa membantu kalian semua ya!