3 Ide Desain Konten Promosi Jualan di Instagram

Instagram, Social Media Tips

Banyak orang yang sudah menggunakan Instagram untuk berjualan maupun promosi. Namun sayangnya, belum banyak orang yang paham betapa pentingnya konten desain promosi pada Instagram. Padahal, konten yang menarik bisa mempengaruhi algoritma audiens yang melihat iklan, lho! Mengapa? Karena Instagram merupakan media sosial yang menonjolkan visual, baik foto maupun video. Sehingga, promosi di Instagram sebaiknya tidak sebatas kata-kata melainkan juga tampilan visual yang menarik. 

Membuat konten Instagram memang dirasa tidak terlalu penting bagi sebagian orang yang menggunakan Instagram hanya untuk bersenang-senang atau akun pribadi. Namun, konten desain yang berkualitas akan menjadi penting bagi para pelaku bisnis online untuk tujuan pemasaran dan promosi. Berdasarkan riset, sebanyak 72% orang baru membeli suatu produk setelah melihatnya di Instagram (Impact Plus). Maka dari itu, desain konten promosi yang menarik akan menunjang tampilan Instagram menjadi lebih baik, sehingga akan meningkatkan daya tarik bagi orang-orang ketika membuka akun bisnismu. Hal inilah yang akan menambah nilai lebih pada kualitas pemasaran.

Jadi selain caption dan teknik copywriting yang menarik, ide konten jualan kamu juga harus dibuat sekreatif mungkin agar bisa mengalahkan para kompetitor. Jika kamu ingin membuat konten dengan lebih cepat dan terima beres, kamu bisa menggunakan jasa desain konten Instagram. Namun jika kamu ingin melakukannya sendiri, berikut ini adalah 3 ide konten promosi yang mendongkrak penjualan di Instagram. Selamat mencoba!

1. Konten Kegiatan di Belakang Layar (Behind-The-Scenes)

Contoh Konten Behind The Scenes
(Source: Orettz.com)

Salah satu strategi jitu untuk meningkatkan brand image kamu adalah cerita tentang kegiatan di belakang layar. Tunjukkan momen-momen unik bagaimana tim kamu menjalankan bisnis di belakang layar. Konten tipe ini juga memunculkan sisi kemanusiaan dan memanusiakan bisnis kamu. Karena kamu tampilkan orang-orang yang berperan di belakang layar bisnis kamu. Dengan post jenis ini, diharapkan para pengunjung akun Instagram bisnismu juga dapat merasakan hubungan yang lebih personal dengan brand kamu.

2. Konten Video Tutorial

Contoh Konten Tutorial
(Source: Jurnal.id)

Video tutorial merupakan konten yang menunjukkan cara penggunaan dengan detail step by step. Tutorial video cukup populer terutama di industri kecantikan seperti tutorial make-up atau industri home décor seperti tutorial merakit rak. Biasanya video tutorial ini digunakan agar produk yang kamu jual di Instagram dapat semakin meningkat, karena cara menggunakan suatu produk biasanya akan menarik minat dari followers.

3. Konten Kuis atau Polling

Contoh Konten Kuis Polling
(Source: Digitalinformationworld.com)

Cara lain untuk meningkatkan akun Instagram bisnis kamu adalah dengan mengadakan konten kuis. Berikanlah pertanyaan-pertanyaan kuis yang sekiranya bisa membuat viewers untuk menjawabnya. Pertanyaan-pertanyaan ini bisa berkaitan dengan produk ataupun tidak. Yang penting jangan lupakan unsur yang menyenangkan. Selain itu, tidak ada salahnya untuk memberikan giveaway untuk followers yang bisa menjawab pertanyaan yang kamu berikan.

Nah, jika dirasa konten kuis ini kurang memancing minat followers untuk berpartisipasi, kamu bisa memposting konten polling. Selain menambah jumlah viewers, konten polling juga berguna untuk mengembangkan produk atau bisnis kamu. Polling berguna untuk mengetahui minat atau harapan dari konsumen. Seperti juga konten kuis, kamu bisa memberikan giveaway bagi mereka yang berpartisipasi di unggahan polling tersebut. 

(Baca juga: Manfaat Konten Kreatif di Instagram untuk Bisnis Kecil yang Wajib Kamu Tahu!)

Jadi kesimpulannya, desain konten merupakan cara kreatif untuk berpromosi di Instagram. Cara tersebut terbukti mampu menjaring konsumen baru. Tapi agar bisnismu tidak ketinggalan dari kompetitor, kamu harus bisa merencanakan konsep desain konten promosi apa yang cocok dengan bisnismu ya! Kamu juga bisa menggunakan jasa Advertising Agency CREDIO, agar kamu bisa lebih mudah menentukan konsep dan ide konten Instagram yang tepat untuk bisnismu. Semoga ide-ide di atas dapat membantu kamu mendapatkan inspirasi, memancing kreatifitas kamu, dan menambah warna di Instagram kamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *